Ini DIa Beda Genset 3 Phase Dengan 1 Phase

Orang-orang yang sekiranya pernah berhubungan dengan genset pastilah pernah mendengar maupun membaca istilah yang disebut genset 1 phase dan juga genset 3 phase. Tetapi tidak banyak orang yang tahu terkait perbedaan dari kedua istilah tersebut baik mereka yang sudah terbiasa kontak dengan genset apalagi bagi mereka yang masih awam. Tentunya bakal menjadi informasi bermanfaat untuk membedah perbedaan yang ada diantara genset 1 phase dengan genset 3 phase.

Beda tegangan antara kabel Phase beserta kabel netral dalam genset 1 Phase dan juga genset 3 Phase pada dasarnya mempunyai selisih setinggi 220 Volt. Jika pada genset dengan 3 phase, tegangan yang ada pada kabel netral itu hanya 0 Volt yang didapat dari koneksi bintang ketiga di kumparan Phase, sementara pada genset yang 1 Phase nilai tegangan netralnya bukan 0 volt. Nilai tegangan netral yang dimaksud berganti sesuai bergantinya nilai tegangan dari kabel Phase, namun masih memiliki selisih sebesar 220 Volt antara dua kabel yang dimaksud tadi. Jadi bisa dikatakan pada genset 1 Phase, kabel Phasenya dan juga kabel Netralnya mempunyai tegangan yang sama.

Pada genset 1 phase memiliki nilai cos phi yang cukup baik. Nilai cos phi pada genset 1 Phase adalah 1, sehingga besaran dari Daya Asli alias daya Nyata pada Generator sama dengan Daya Aktif yang dapat dikeluarkan. Sementara pada genset 3 Phase justru sebaliknya karena memiliki Cos Phi kurang dari 1. Sehingga ada 3 macam daya yang ada pada genset dengan 3 phase, yakni Daya kVA, Daya Kilo Watt dan juga Daya Kvar. Lazimnya cos phi pada genset 3 phase memiliki nilai 0,8. Sehingga Daya yang dapat digunakan hanya 80% saja dari keseluruhan Daya dari genset yang dimaksud. Namun perlu diingat bahwa Genset 1 Phase hanya memiliki satu unit kabel Phase keluaran saja, jadi penggunaan daya maksimumnya cuma bisa digunakan sebesar kemampuan dari daya yang dimiliki genset itu sendiri.

Itulah tadi sedikit pembahasan tentang perbedaan antara genset 1 phase dan genset 3 phase yang mudah-mudahan dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian. Setelah tahu bedanya maka pasti akan lebih mudah dalam memilih genset nantinya

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *